Cara Mirror Screen Android Ke Laptop atau PC Tanpa Root

AirDroid Mirror Screen

Seperti yang kita tau Android memiliki banyak fitur tersembunyi yang sedikit orang awam ketahui dan kali ini saya akan membahas fitur Mirror Screen yang sebenarnya memang sudah disediakan oleh google pada smartphone berbasis Android.

Apa sih Mirror Screen ?
Miror Screen ialah menampilkan layar smartphone Android sobat di laptop atau komputer. Jadi, sobat bisa mengontrol dan menggunakan smartphone dari laptop atau komputer tanpa harus menyentuh si smartphone.

Google sebagai pemilik dari sistem operasi Android sudah lama mengeluarkan produkGoogle Cast yang berfungsi untuk melakukan mirror screen. Tetapi, Google Cast dibanrol cukup malah untuk kantong orang Indonesia 😀 (tau sendiri lah orang Indonesia, selagi ada yang gratis kenapa nggak).

Nah.. disini saya akan memberikan Cara Mirror Screen Android Ke Laptop atau PC Tanpa Root juga tidak perlu memakai Google Cast yang mahal dan yang paling penting adalah ini 100% gratis dan aman! Bagaimana caranya? Simak dibawah ini.

PERSIAPAN

a. Smartphone Android
b. Aplikasi AirDroid
c. Kabel data
d. Koneksi internet stabil (kalau bisa gunakan wifi yang sama dengan laptop atau komputer yang ingin digunakan sebagai penampil)

PANDUAN MIRROR SCREEN

1. Download dan install aplikasi AirDroid pada smartphone dan laptop atau komputer sobat. (Situs resmi AirDroid www.airdroid.com)

2. Daftar akun AirDroid (bisa melalui aplikasinya yang sudah sobat install pada smartphone atau laptop) kemudian login (di smartphone dan di laptop atau komputer).

3. Buka pengaturan pada smartphone Android, kemudian pegi ke Opsi Pengembang. Disana sobat harus mengaktifkan USB Debugging seperti pada gambar dibawah ini.

USB Debugging Android

4. Colokkan kabel data dari ponsel ke laptop atau komputer.

5. Kemudian buka aplikasi AirDroid di smartphone dan laptop atau komputer sobat.

6. Selanjutnya lihat AirDroid di laptop atau komputer dan klik smartphone sobat yang ada pada bagian My Device. Kemudian pilih AirMirror.

AirMirror

7. Pada saat sinkron pertama kali, pilih non-root mode dan ulala… layar smartphone sobat akan tampil.

8. Selesai!

Sangat mudah dan sederhana bukan?

Selain dapat melakukan Mirror Screen, AirDroid juga dapat digunakan untuk kirim atau terima data seperti musik, video, gambar, dokumen dan banyak lagi dari smartphone ke komputer atau sebaliknya. Juga, dapat digunakan tanpa menggunakan kabel data yaitu dengan menggunakan AirDroid Web dimana sobat hanya perlu melakukan koneksi melalui barkot (tidak perlu login) sama halnya seperti login pada WhatsApp Web. Ini adalah aplikasi andalan saya paling TOP karena gratis 😀

Info : Untuk yang layar smartphonenya bermasalah seperti retak atau sulit ditekan, mirror screen adalah cara terbaik untuk mengatasi ini.

Masih bingung ? Coba lihat video ini saat saya coba menggunakan AirDroid.


Tertarik melakukan Mirror Screen?

Sumber: https://sogellizer.info/cara-mirror-screen-android-ke-laptop-atau-pc-tanpa-root/

Leave a Comment

Filed under Android

Leave a Reply