Mirroring Android Ke PC/Laptop

 Cara Tampilkan Layar/Mirroring Android Ke PC/Laptop Tanpa Root

Mungkin kebanyakan dari kalian sudah pernah membaca tentang cara mirroring Android ke PC atau laptop, tapi tentu saja saya yakin beragam cara yang agan pernah baca itu pastinya kurang efektif. Kali ini saya mau berbagi tips cara tampilkan layar Android ke PC tanpa root yang sangat efektif.

Sebelum memulai pastikan kalian sudah meng-install kedua hal berikut:

  1. Install Android SDK yang isinya udah pasti satu paket sama Android Debugging Bridge (ADB).
  2. Driver USB Smartphone yang dipakai untuk duplikasi, lalu aktifkan USB Debugging.

Berikut ini adalah link-link Driver USB untuk beberapa smartphone:

Penjelasan tentang alat-alat yang digunakan:

  • Android SDK merupakan paket perangkat lunak yang mencakup beberapa tools untuk pengembangan terkait dengan sistem android itu sendiri. Di dalam Android SDK terdapat beberapa tools seperti debugger, libraries, handset, emulator, API (Application Programming Interface), dan contoh source code. Jadi, karena kita di sini akan menghubungkan Android ke laptop atau PC, maka kita memerlukan emulator yang ada di dalam Android SDK itu.
  • Android Debugging Bridge (ADB) merupakan perangkat lunak yang dapat diakses melalui command line, yang memungkinkan pengguna terhubung atau berkomunikasi dengan sebuah mesin emulator (misalnya laptop atau PC) atau dengan device Android lain.
  • USB Debugging sendiri merupakan mode pada Android yang bisa diaktifkan setelah user menghubungkan perangkat Android ke Laptop atau PC dengan kabel USB. USB Debugging ini berfungsi untuk memfasilitasi hubungan antara device Android dan komputer melalui Android SDK.

Cara Mirroring Android ke PC

1. Akses USB Debugging

  • Masuk Settings, lalu About, lalu Cari Build Number, lalu tekan 7 kali sampai muncul pemberitahuan kalau sudah masuk Developer Mode.
  • Kemudian, kembali ke bagian awal Settings tadi, dan kamu akan menemukan Developer Mode.
  • Setelah itu, klik Developer Mode dan aktifkan USB Debugging.USB Debugging Complete

2. Download Chrome Vysor

Buka PC/Laptop milikmu, kemudian download Chrome Vysor dan jalankan.Chrome Vysor

3. Download Vysor App

Download Vysor App dari PlayStore dan install pada smartphone.Vysor App

Pada dasarnya, Chrome Vysor dan Vysor Android App memiliki fungsi yang serupa. Di sini, tujuannya adalah menghubungkan dua aplikasi yang sama yang berada pada platform berbeda, sehingga kamu nanti bisa melakukan kontrol dari Android dan juga laptop atau PC.

4. Find Devices

Jika semua aplikasi pendukung sudah siap untuk tampilkan layar Android ke PC, kembali ke laptop/PC untuk melakukan pencarian device Android melalui Chrome Vysor.Find Devices via Laptop or PC

5. Final Step

Setelah device ditemukan pilih Select dan accept ketika ada pop-up Allow USB Debugging lagi. Jika sudah selesai, nanti akan muncul notifikasi: Vysor Is Connected!Vysor is Connected

Nah, selesai deh dan tinggal kalian gunakan sesuai kebutuhan. Mau dipakai buat dengerin musik atau nonton film dari Android, atau transfer file, terserah saja. Selamat mencoba!

Sumber: https://jalantikus.com/tips/cara-tampilkan-layar-android-ke-laptop-tanpa-root/

Leave a Comment

Filed under Android

Leave a Reply