Running Linux dari File ISO

Satu sifat umum linuxer (pengguna maniax linux) adalah ingin selalu mencoba Linux rilis terbaru atau distro Linux lain. Tentu saja agak repot kalau harus pakai VM atau emulator atau mesti booting menggunakan USB flaskdisk, terlebih lagi kalau harus memasang/install di harddisk. Bagaimana cara gampangnya kalau hanya untuk sekedar testing suatu distro tapi tidak repot?

Begini caranya, perhatikan dengan baik-baik. Syaratnya harus sudah ada distro Linux yang terpasang di harddisk dan ruang tersisanya masih banyak dan juga tentu saja ada file ISO distro linux yang akan kita jalankan.

  1. Buatlah folder bernama iso (ini contoh saja) di folder boot (jadi strukturnya /boot/iso/). Sebenarnya tidak harus di folder /boot, boleh dimana saja.
  2. Copy file ISO distro Linux yang akan kita jalankan kedalam folder iso di atas,
  3. Boleh copy beberapa file ISO distro Linux yang berbeda, asal ruang tersisa cukup, tentu saja harus menggunakan nama yang berbeda. Contoh di sini ada file ISO kimint-backup.iso dan ubuntu-15.10-desktop-amd64.iso.
  4. Pastikan folder iso dan file ISO di dalamnya bisa diakses atau dijalankan, atur menggunakan command chmod
  5. Selanjutnya masuk ke folder /etc/grub.d/
  6. Masuk ke terminal di folder grub.d, lalu ketik: sudo gedit 40_custom
  7. Hapus isi file 40_custom dan ganti dengan skrip berikut:

    Keterangan:
    1) Cek nomor partisi tempat boot loader-nya, contoh di atas adalah (hd0, 11)
    2) Sebaiknya buka dulu isi dari file iso agar tahu nama file vmlinuz-nya, contoh di atas antara Mint dengan Ubuntu ternyata berbeda, Mint pakai nama vmlinuz, sedangkann Ubuntu pakai nama vmlinuz.efi. Begitu juga nama file initrd-nya punya ekstensi yang berbeda, Mint menggunakan nama initrd.gz, sedangkan Ubuntu menggunakan nama initrd.lz. Pastikan nama file-nya sesuai dengan isi yang ada di dalam file ISO masing-masing.
  8. Simpan file 40_custom itu
  9. Selanjutnya, ketik di terminal: sudo update-grub, untuk memperbaharui isi menu boot loader-nya
  10. Setelah selesai updating grub, pastikan nama “Adding 40_custom” ikut nampak dalam hasil updating grub di atas. Jika tidak muncul berarti error. Mungkin ada nama yang salah. Perbaiki isi file 40_custom-nya. Jika okay, tidak ada error, maka lanjut ke langkah berikutnya.
  11. Lakukan booting ulang, ketik di terminal: sudo reboot [Enter]
  12. Setelah reboot, perhatikan menu grub-nya, apakah sudah masuk pilihan Kimux Mint ISO dan Ubuntu 15.10 ISO. Coba pilihlah yang file ISO itu untuk dijalankan.
  13. Semoga tidak stresss…..
  14. Sebaiknya bagi newbie perlu pendampingan, jadi kalau laptop nge-hang tidak perlu semaput! Hehehe.

3 Comments

Filed under Distro, Linux

3 Responses to Running Linux dari File ISO

  1. Pingback: Install Linux Ke Flashdisk Di Windows | Blog of Chemistry

  2. Pingback: Install Linux Ke Flashdisk Di Windows – Blog of Chemistry

  3. Pingback: Cara Running Android Di Laptop | KASMUI.COM

Leave a Reply