Hal-hal penting terkait Remastering menggunakan Remastersys

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait remastering menggunakan Remastersys:

1. Pastikan Working Directory sudah dibuka dulu (mounted) dan punya volume kosong minimal 10 GB

2. Sebelum memulai proses remastering, pastikan untuk menghapus setiap file temporary yang tidak lagi diperlukan, untuk memperkecil ukuran image ISO dan agar proses load image nantinya cepat.
Caranya adalah menjalankan perintah di bawah ini di terminal :
sudo apt-get clean [Enter]
sudo rm -rf /tmp/* [Enter]

3. Semua Data di folder Home dan folder user sebaiknya dipindah dulu ke direktory lain supaya tidak ikut di-backup ketika remastering yang mengakibatkan besarnya kapsitas file ISO hasil remastering, hal ini sangat memberatkan sistem.

4. Jika tidak ingin data di folder home dan folder user ikut di-backup maka pada waktu menjalankan remastersys sebaiknya memilih perintah DIST (pilihan kedua, di bawah backup), bukan BACKUP, pilihan pertama. Hal ini akan memperkecil ukuran file ISO hasil remastering

5. File ISO hasil remastering yang dilakukan sebelumnya sebaiknya dipindah dulu ke direktori lain supaya tidak terhapus.

1 Comment

Filed under Umum

One Response to Hal-hal penting terkait Remastering menggunakan Remastersys

  1. pak, iso saya waktu dijalankan di virtual box , pas berjalan , bagian permision denied , ada tulisan "starting virtual v initialisation compability [fail] . padahal yang lain sudah [ok] . kesalahannya dimana ya pak ? terimakasih .

Leave a Reply